5 Usaha Sampingan yang Bisa Dilakukan oleh Mahasiswa


5-Usaha-Sampingan-yang-Bisa-Dilakukan-oleh-Mahasiswa
Mahasiswa yang biasanya identik dengan anak rantau dan anak kos, tentu membutuhkan yang namanya usaha sampingan. Dengan menekuni usaha  ini, anak kos dapat menggunakan hasil dan keuntungannya untuk berbagai kebutuhan. Usaha yang dibutuhkan oleh mahasiswa tentu saja yang tidak terlalu berat dan membutuhkan waktu yang singkat. Sehingga dapat dijalankan berdampingan dengan kegiatan saat berkuliah.

Ide Usaha Sampingan untuk Mahasiswa
Ada beberapa ide yang bisa dilakukan oleh mahasiswa supaya tetap  dapat bekerja sambil kuliah. Tapi jangan lupa, kemampuan manajemen waktu adalah komponen utama yang menentukan keberhasilan keduanya. Jangan sampai kamu berkorban waktu kuliah untuk bekerja. Seimbangkan keduanya untuk hasil yang lebih baik. Penasaran apa saja ide yang bisa dilakukan oleh mahasiswa untuk menambahkan uang tambahan?

  1. Berjualan online
Bisnis ini tentu saja adalah pilihan utama bagi mahasiswa. Banyak produk yang bisa dijual hanya dengan bermodalkan smartphone. Kosmetik, pakaian, makanan, dan berbagai produk unik lainnya adalah yang biasa dijual dengan sistem online. Teknik jualan seperti ini dinilai masih sangat efektif dan banyak memiliki pelanggan.

Bagaimana? Kamu tertarik untuk menjual produk tertentu dengan menggunakan online shop? Jangan lupa untuk terus mengembangkan usahamu supaya lebih banyak pelanggan dan tentu saja keuntungannya lebih besar. Promosi barang adalah kunci utama untuk ketika membuka bisnis online.

  1. Kerja Part Time
Jika kamu mahasiswa semester tua yang sudah punya banyak waktu luang, kamu bisa mencoba untuk belajar kerja part time. Selain mendapatkan tambahan penghasilan, dengan bekerja part time kamu bisa mendapatkan pengalaman yang penting dalam dunia kerja.
Kerja part time yang sedang ramai digeluti oleh mahasiswa adalah barista. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya bisnis coffee shop yang sedang naik daun. Selain itu, pekerjaan seperti kasir, pelayan, penjaga toko, dan sejenisnya adalah kerja part time yang memungkinkan untuk dikerjakan mahasiswa disamping kuliah.

  1. Reseller
Hampir sama seperti berjualan online, reseller juga menjual barang yang biasanya juga memanfaatkan media sosial dan online shop. Bedanya, jika berjualan sendiri, kamu perlu untuk menyiapkan barang dagangan.

Sedangkan jika reseller, kamu menjual barang yang dimiliki oleh orang lain. Sehingga kamu tidak perlu untuk mencari barang dagangan yang ingin dijual.

Reseller menjadi usaha sampingan yang menjanjikan tanpa membutuhkan waktu dan tenaga yang besar. Cukup mencari penjual barang, kemudian iklankan menggunakan sosial media, keuntungan penjualan bisa kamu dapatkan. Mudah bukan?

  1. Pulsa Elektrik
Jenis usaha ini sebenarnya ringan namun memiliki peluang yang menjanjikan. Kamu cukup menjadi agen penjualan, maka kamu sudah dapat menjual berbagai jenis kebutuhan konsumen seperti pulsa, paket internet, voucher game online, sampai token listrik. Mengurus penjualannya pun tanpa ribet sehingga bisa kamu lakukan di sela-sela kesibukan kuliah.

  1. Jasa Les Privat
Sebenarnya jenis usaha ini sangat potensial untuk kamu yang mengambil jurusan pendidikan. Namun tidak menutup kemungkinan juga bagi kamu yang mengambil jurusan lain. Banyak lembaga les di sekitar kampus yang biasanya akan mencari pengajar untuk les privat. Kamu bisa bergabung jika ada tawaran untuk memberikan les privat kepada anak-anak.

  1. Desain Grafis
Saat ini semua usaha sudah beralih menggunakan sistem online. Maka kebutuhan akan desain grafis juga meningkat. Bagi kamu yang hobi dan jago bikin desain, lowongan freelancernya sangat banyak. Kamu bisa memilih cara pengerjaan sendiri. Apalagi jika kamu membuka jasa pembuatan animasi. Tentu penghasilanmu akan semakin menjanjikan.

  1. Jasa Fotografi dan Video
Buat kamu yang hobby bergelut dalam bidang foto dan video, kini peluangnya sangat luas. Cobalah tawarkan jasamu kepada sesama mahasiswa untuk menjadi agen yang mengabadikan momen. Jika sudah terkenal di kalangan mahasiswa, kamu dapat meningkatkan skill untuk bergabung pada agen-agen yang menyediakan jasa ini untuk bekerja part time. Hampir semua kegiatan tentu butuh jasa foto bukan?

Demikian beberapa ide yang bisa dilakukan untuk usaha sampingan bagi mahasiswa. Masih banyak jenis bisnis lainnya yang bisa kamu coba. Pekalah dalam melihat peluang usaha di sekitarmu supaya kamu dapat belajar sekaligus praktek kerja.
Semoga informasi diatas bermanfaat ya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Usaha Sampingan yang Bisa Dilakukan oleh Mahasiswa"

Posting Komentar