Cara Mengatasi Sesak Napas Ketika Berhenti Merokok



Berhenti merokok adalah langkah paling baik untuk tingkatkan kualitas hidup. Tetapi, aksi ini memunculkan resikonya, diantaranya sesak napas. Tahukah Anda apa penyebabnya bekas perokok alami resikonya ini? Lalu, apa ada langkah untuk menangani sesak napas waktu berhenti merokok? Yuk, mencari jawabannya di bawah ini.

Mengapa Anda merasakan sesak napas waktu berhenti merokok? Rokok memiliki kandungan beberapa zat kimia penyebab kanker (karsinogen). Waktu merokok, itu berarti Anda memberikan badan konsumsi bahan kimia, seperti nikotin, tar, atau karbon monoksida. Semua zat yang tidak diperlukan badan itu malah bisa menyebabkan permasalahan kesehatan di masa datang.

Menurut John Hopkins Medicine, CDC memberikan laporan jika merokok sudah mengakibatkan kematian lebih 480.000 di Amerika Serikat tiap tahunnya. Ini dapat berlangsung sebab rokok hampir 90% mengakibatkan kanker paru-paru serta PPOK (penyakit paru obstruktif kronik).

Berikut sebagai fakta mengapa rutinitas merokok harus di stop. Sayangnya, berhenti merokok bukan hal gampang. Bekas perokok mungkin alami sesak napas waktu berhenti merokok.

Sesak napas waktu berhenti merokok adalah salah stau tanda-tanda putus rokok.

Sepanjang Anda merokok, bahan kimia pada rokok memberi bermacam reaksi pada badan. Nah, waktu Anda berhenti dari rutinitas ini, badan butuh beradaptasi hingga Anda memunculkan beberapa resikonya.

Lalu, mengapa muncul sesak napas sesudah berhenti merokok?

Asap rokok serta bahan kimia yang lain yang masuk ke badan bisa mengakibatkan kerusakan paru-paru, yaitu menebalkan lendir pada alat pernafasan Anda. Waktu Anda berhenti merokok, paru-paru Anda akan kembali memulihkan diri serta lendir akan makin sedikit. Nah, proses pemulihan berikut yang dapat mengakibatkan Anda merasakan sesak napas, terus batuk, atau sakit tenggorokan.

Walau demikian, Anda tidak bisa meremehkan sesak napas waktu berhenti merokok. Ini bisa saja tanda-tanda jika Anda sudah alami permasalahan pernafasan saat mulai berhenti dari rutinitas jelek ini.

Jadi, langkah paling baik ialah check kesehatan Anda ke dokter. Dokter akan mereferensikan tes peranan paru untuk cari tahu pemicu sesak napas yang Anda alami.

Diluar itu, dokter akan memperhitungkan banyak hal, seperti berapakah lama Anda merokok serta berapakah rokok yang umumnya Anda butuhkan dalam satu hari.


Panduan menangani sesak napas waktu berhenti merokok Bila Anda berhenti merokok, buat persiapan diri untuk mendetoksifikasi paru-paru. Dengan demikian, resikonya dari putus rokok akan menyusut serta berkurang.

Ada banyak langkah yang dapat Anda kerjakan untuk menolong memulihkan paru-paru dari toksin serta karsinogen, misalnya:

1. Memperbanyak minum air putih Air putih dapat menolong mencairkan dahak yang melapisi aliran pernafasan Anda. Lendir yang mencair ini semakin lebih gampang dikeluarkan badan melalui batuk. Jadi, naikkan konsumsi air putih Anda tiap hari.

Anda dapat minum air hangat atau minuman hangat yang lain untuk menurunkan tanda-tanda batuk serta sakit tenggorokan.

2. Naikkan konsumsi makanan kaya nutrisi Untuk percepat proses pemulihan dari sesak napas waktu berhenti merokok, paru Anda memerlukan nutrisi. Nutrisi itu dapat Anda temukan dari beberapa type makanan, dari mulai sayur, buah, kacang-kacangan, sampai daging. Tetapi, kurangi konsumsi makanan tinggi garam serta gula untuk kurangi peradangan yang berlangsung.

3. Rajin olahraga Untuk melakukan perbaikan pergerakan pernafasan Anda, beberapa macam olahraga dapat menolong. Anda dapat pilih yoga jadi latihan fisik. Olahraga ini bisa melatih pernafasan yang tingkatkan kerja paru-paru hingga Anda bisa bernapas lebih baik.

4. Jauhi asap rokok Meskipun Anda berhenti merokok, asap rokok masih dapat terhirup oleh Anda. Khususnya, bila beberapa orang di sekitar Anda ialah satu orang perokok. Jadi, lebih baiknya jauhi ada di seputar beberapa orang itu saat mereka sedang merokok.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Sesak Napas Ketika Berhenti Merokok"

Posting Komentar