Lima Tips Mengatasi Asma Kambuh Tanpa Inhaler



Penyakit asma tidak dapat sembuh. Itu berarti, satu orang yang punyai penyakit ini akan memilikinya seumur hidup. Tetapi, gejalanya bisa diredakan supaya tidak kumat, diantaranya memakai inhaler. Karena itu, pasien harus bawa inhaler kemana saja mereka pergi. Lalu, bagaimana bila Anda lupa membawanya? Dapatkah menangani tanda-tanda asma yang kumat tanpa ada inhaler?

Langkah menangani asma kumat tanpa ada inhaler Asma membuat aliran udara Anda membengkak, membuahkan lendir tambahan, serta menyempit. Mengakibatkan, Anda jadi batuk, mengi, serta sesak napas. Keadaan ini tidak bisa sembuhkan serta gejalanya bisa saja seringkali kumat, tetapi Anda masih dapat mengendalikannya bila tahu apa pemicunya.

Tanda-tanda asma bisa kumat sebab dipacu oleh polusi, depresi, asap rokok, debu, atau serbuk bunga. Untuk meredakannya dokter akan memberi obat.

Meskipun ada yang berupa pil, sejumlah besar obat asma dihirup lewat inhaler atau nebulizer. Menurut Asthma and Foundation of America, obat berupa inhaler bereaksi cepat sebab langsung kerja paru-paru. Oleh karenanya, Anda butuh bawa inhaler ke mana juga Anda pergi.

Jika tanda-tanda asma kembali kumat, tetapi Anda lupa bawa inhaler, upayakan tidak untuk cemas. Turuti cara-cara di bawah ini untuk menangani tanda-tanda asma tanpa ada inhaler sampai Anda memperoleh pertolongan medis yang pas.

1. Duduk tegak Duduk tegak ialah langkah paling mudah untuk menurunkan tanda-tanda asma. Sikap duduk ini menolong buka aliran udara Anda terbuka lebih lebar. Jauhi tempat tidur berbaring sebab tempat badan ini dapat jadi memperburuk tanda-tanda asma.

2. Masih tenang

Tidak bawa inhaler tentu membuat Anda cemas. Namun, kecemasan yang ada dapat memunculkan depresi serta kekhawatiran hingga membuat tanda-tanda asma makin lebih buruk. Sesudah memosisikan diri untuk duduk tegak, coba untuk menentramkan pemikiran.

Kerjakan hal apapun yang dapat membuat Anda merasakan tenang, contohnya menjauhi keramaian serta mencari tempat yang sedikit redup atau sejuk untuk menentramkan pemikiran. Langkah menangani kecemasan ini dapat menolong menurunkan tanda-tanda asma tanpa ada inhaler.

3. Benahi napas Anda

Sesak napas membuat Anda bernapas bertambah cepat serta tidak konstan. Sesudah sukses menentramkan pemikiran, benahi kembali napas Anda. Coba bernapas lebih lamban serta konstan sepanjang serangan.

Anda dapat mengaplikasikan tehnik pernafasan Buteyko atau Papworth. Tehnik Buyteko dikerjakan dengan menarik napas perlahan lewat hidung, bukan mulut Anda. Sesaat tehnik Papworth menggerakkan diafragma serta hidung untuk bernapas lebih dalam, seperti waktu Anda lakukan tehnik pernafasan yoga.

Jika memang mempunyai asma, Anda butuh memperlengkapi diri dengan pelajari beberapa tehnik pernafasan. Tetapi, ingat sebelum mempelajarinya, tanyakan lebih dulu pada dokter.

4. Jauhi penyebab

tahap selanjutnya untuk menangani tanda-tanda asma tanpa ada inhaler ialah menjauhi semua pemicunya. Misalnya, jika Anda ada di seputar perokok, Anda harus selekasnya geser dari tempat itu. Mencari tempat yang udaranya lebih bersih.

Penyebab asma bukan sekedar asap saja, Anda pun butuh memerhatikan ini:

  • Selekasnya beristirahat bila Anda telah merasakan capek, khususnya waktu olahraga
  • Tidak pelihara binatang berbulu sebab bulunya dapat menyebabkan asma
  • Temukan langkah untuk menentramkan diri serta menjaga mood supaya tidak gampang kuatir serta depresi
  • Jauhi pemakaian obat, seperti aspirin, ibuprofen, atau beta-blocker
  • Gunakan humidifier di ruang supaya udara masih lembap
  • Menjaga kesehatan badan agar Anda tidak gampang tertular pilek atau flu yang tingkatkan efek kambuhnya asma

5. Hubungi service medis genting

Bila langkah menangani tanda-tanda asma tanpa ada inhaler di atas telah Anda kerjakan, tetapi keadaan tidak lebih baik, cepatlah meminta pertolongan medis genting. Anda bisa mengontak 119 untuk service medis genting.

  • Anda bisa lakukan panggilan genting ini selekasnya, jika Anda alami hal di bawah ini:
  • Anda kesusahan untuk bicara sebab napas jadi pendek
  • Muka Anda telah kelihatan pucat serta sisi bawah bibir mulai membiru
  • Anda berupaya keras kencangkan otot dada untuk bernapas

Jadi pilihan, Anda dapat juga mengontak orang paling dekat Anda untuk menolong Anda pergi ke service genting rumah sakit paling dekat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lima Tips Mengatasi Asma Kambuh Tanpa Inhaler"

Posting Komentar