Forum Tanya Jawab SehatQ: Menstruasi Telat, Apa Saja Penyebabnya?

Forum-Tanya-Jawab-SehatQ:-Menstruasi-Telat,-Apa-Saja-Penyebabnya?

Menstruasi merupakan siklus bulanan alami yang terjadi pada wanita. Hal ini terjadi dikarenakan adanya peluruhan pada dinding rahim yang seharusnya dibuahi. Menstruasi umumnya terjadi pada wanita yang sudah mengalami pubertas, yaitu pada saat menginjak masa remaja sekitar usia 12 tahun. Durasi siklus menstruasi berlangsung selama 28 hari, dengan lama menstruasi empat sampai tujuh hari.

Pada forum tanya jawab SehatQ, ada seorang wanita berusia 20 tahun yang mengeluhkan keterlambatan menstruasinya. Menstruasi yang datang terlambat bisa saja dikarenakan oleh berbagai faktor, seperti yang diungkapkan oleh dokter spesialis kandungan di SehatQ berikut ini.

1. Stres

Menstruasi yang terlambat bisa saja dikarenakan oleh stres yang berkepanjangan. Saat mengalami kondisi ini, hormone dan bagian otak yang bertugas mengatur siklus menstruasi akan terganggu. Jika menstruasi diakibatkan oleh stres, disarankan untuk melakukan pola hidup sehat, seperti mengubah lifestyle, dan berolahraga secara teratur.

2. Obesitas

Faktor lain yang mempengaruhi keterlambatan menstruasi, yaitu obesitas. Kelebihan berat badan bisa memicu perubahan hormonal, khususnya pada wanita. Menurut penelitian, wanita dengan massa tubuh lebih dari 30 memiliki resiko gangguan menstruasi. Oleh karena itu, berolahraga secara teratur serta makan makanan bergizi bisa membantu menstruasi kembali lancar.

3. Alat Kontrasepsi

Hormon progesteron dan estrogen yang terkandung dalam Pil KB mampu menghalangi pelepasan sel telur dari indung telur. Umumnya, dibutuhkan waktu selama kurang lebih enam bulan setelah berhenti mengonsumsi pil KB agar menstruasi kembali lancar seperti semula. Selain pil KB, suntik KB juga bisa menyebabkan menstruasi datang terlambat.

4. Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)

PCOS merupakan salah satu kelainan pada sistem metabolisme serta hormone pada wanita yang mengakibatkan fungsi indung telur terganggu. Kondisi yang satu ini bisa menyebabkan wanita mengalami keterlambatan menstruasi bahkan tidak sama sekali. Kelainan yang satu ini diduga ada hubungannya dengan sindrom metabolic dan resistensi insulin.

5. Penyakit Kronis

Ada berbagai penyakit kronis yang menyebabkan siklus menstruasi terganggu, diantaranya diabetes dan celiac. Gula darah yang tidak stabil mempengaruhi hormon, sehingga menstruasi menjadi tidak teratur. Sedangkan penyakit celiac mengakibatkan adanya kerusakan pada usus kecil, sehingga tubuh tidak mampu untuk menyerap nutrisi penting yang mengakibatkan menstruasi menjadi terganggu.

6. Masalah Tiroid

Metabolisme tubuh diatur oleh kelenjar tiroid yang ada dalam tubuh. Siklus menstruasi bisa terganggu jika hormone ini tidak berfungsi dengan baik. Gejala dari masalah tiroid ini mudah dikenali seperti berat badan yang berubah-ubah, rambut rontok, kelelahan, dan sensitif pada suhu dingin maupun panas. Permasalahan yang satu ini bisa diatasi dengan cara mengonsumsi obat-obatan tertentu dan operasi.

7. Menopause Dini

Menopause merupakan suatu kondisi dimana wanita sudah tidak lagi subur. Kondisi ini umumnya terjadi pada wanita usia 45 sampai 55 tahun. Namun, ada juga wanita yang mengalami menopause dini di usia 40 tahun kebawah. Gejalanya, salah satunya ditandai dengan gangguan menstruasi yang tidak teratur, bahkan tidak sama sekali.

8. Merokok

Selain menyebabkan berbagai penyakit serius, merokok juga bisa menyebabkan menstruasi terganggu. Zat-zat aktif yang terkandung dalam rokok bisa mempengaruhi hormon estrogen dan progesterone yang berperan penting dalam siklus menstruasi.

Itulah sekilas forum tanya jawab yang bisa Anda akses di situs SehatQ.com. Jika Anda membutuhkan obat-obatan dan layanan kesehatan lainnya, kunjungi Toko SehatQ. SehatQ bisa membantu Anda untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang profesional. Selain itu, Tim SehatQ juga menyediakan beragam informasi seputar kesehatan, menyediakan forum tanya jawab untuk saling bertukar informasi, dan menghubungkan pasien dengan tenaga medis profesional.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Forum Tanya Jawab SehatQ: Menstruasi Telat, Apa Saja Penyebabnya?"

Posting Komentar