3 Tips untuk Membuat Ruangan Lebih Leluasa

Terlepas dari apakah Anda tinggal di apartemen seperti The Parc Apartemen Jakarta, maupun di rumah, menggunakan ruang yang ada semaksimal mungkin tentu jadi sebuah keharusan. Banyak orang yang menyalahkan ukuran ketika merasa ruangannya sempit dan membuatnya tidak leluasa. Memang ukuran ruang yang terlalu kecil bisa lebih berpotensi menyebabkan hal tersebut, tetapi kenyataannya ruang yang luas pun bisa seperti itu. 
 
Lalu, bagaimana caranya agar Anda bisa menjamin ruang yang ada pada hunian Anda selalu terasa lebih lega dan leluasa? Simak tips-tips berikut ini sebagai panduan Anda, yuk!
 
  • Pengaturan Secara Vertikal

Apabila semua barang Anda atur secara horizontal, tak heran jika ruang lantai banyak “dimakan” sehingga ruangan pun terasa sumpek, sesak, dan berantakan. Tentunya, masalah seperti ini wajib Anda hindari jika hunian Anda relatif lebih kecil. Oleh sebab itu, atur barang secara vertikal dengan memanfaatkan ruang dinding.
 
Contohnya, gunakan rak yang ramping tapi tinggi untuk menyimpan barang maupun untuk menampung pajangan atau dekorasi di dalam ruangan. Trik yang sama juga bisa Anda terapkan di dapur untuk penyimpanan panci, wajan, dan peralatan masak lainnya agar tidak berantakan, tapi juga tetap mudah diakses ketika Anda membutuhkannya.
 
  • Manfaatkan Sinar Matahari

Beruntunglah jika Anda memiliki hunian yang “banjir” sinar matahari. Pasalnya, sinar matahari memang mampu membuat ruangan terlihat lebih lapang dan lega. Dan untuk memaksimalkan efeknya, Anda bisa gunakan warna putih yang dapat memantulkan sinar matahari agar ruangan terlihat lebih luas dan terang. Atau jika Anda tidak suka warna putih, bisa memanfaatkan warna terang lainnya.
 
Di samping itu, Anda juga bisa gunakan furnitur yang dapat membuat sinar matahari masuk dengan mudah, bahkan sampai ke sudut-sudut ruangan sekaligus. Contohnya meja dengan bagian atas dari kaca atau akrilik, kursi dengan kaki yang ramping, partisi kaca (bisa gunakan jenis kaca frosted glass untuk area yang Anda anggap butuh privasi seperti meja kerja), dan rak terbuka (open shelf).
 
  • Jangan Timbun Banyak Barang
Bagi beberapa orang, hal ini bisa jadi terasa menantang dan sulit dilakukan, dan Anda barangkali salah satunya. Meski demikian, sadarilah bahwa jika Anda menyimpan terlalu banyak barang sehingga jadi timbunan, barang-barang tersebut hanya akan memakan tempat di dalam hunian Anda. Kalau begini, bagaimana bisa hunian Anda jadi terasa lapang dan lega, kan?
 
Untuk mengatasinya, Anda bisa gunakan rumus berikut: satu barang masuk, satu barang keluar. Dengan demikian, Anda bisa mencegah penumpukan barang yang tak hanya memakan tempat, tapi juga menumpuk debu dan kotoran, apalagi jika barang yang dimaksud memang sejatinya makan tempat seperti kursi, bangku, sampai meja.
 
Nah, itulah beberapa tips penting yang dapat Anda ikuti dan terapkan untuk memaksimalkan penggunaan ruang di dalam hunian Anda. Selamat mencoba!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Tips untuk Membuat Ruangan Lebih Leluasa"

Posting Komentar