Cara Membuat Bakso Goreng



Selain disajikan dengan kuah yang gurih, bakso juga bisa disantap dengan cara yang lain yaitu digoreng. Bakso yang digoreng atau dikenal dengan bakso goreng bisa menjadi menu camilan atau pun pendamping dari karbohidrat. Membuat bakso goreng juga tidak sulit, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Namun biasanya kesulitan dalam membuat bakso goreng ini adalah bakso yang dihasilkan menjadi lembek dan kisut. Sebelum ke ulasan cara membuat bakso goreng, yuk simak langkah-langkah berikut ini untuk menyiasati kesulitan dalam membuat bakso goreng.

1. Menggunakan daging yang dingin

Daging yang digunakan nantinya untuk membuat bakso harus dalam kondisi dingin. Tidak harus beku, namun daging harus dalam kondisi dan suhu yang dingin agar tekstur bakso yang dihasilkan nanti menjadi kenyal dan tidak lembek. Agar suhu daging bisa terjaga, kamu bisa menggunakan es batu atau air es untuk menggiling adonan.

2. Menggunakan baking powder

Penggunaan baking powder berguna dan berfungsi sebagai pengenyal yang akan membuat tekstur bakso menjadi renyah dan kenyal. Baking powder yang digunakan ke dalam adonan bakso sekitar setengah sendok teh. Jangan juga menggunakan baking powder terlalu banyak karena akan membuat bakso terasa pahit.

3. Komposisi bahan

Adapun rasio atau perbandingan antara tepung, daging, dan bumbu untuk membuat bakso ini harus pas. Jika terlalu banyak tepung daripada daging maka akan membuat bakso menjadi keras. Dan sebaliknya, jika terlalu banyak menggunakan daging daripada tepung, maka akan membuat bakso menjadi empuk dan lembek.

4. Menguleni atau membuat adonan bakso

Supaya bakso yang dihasilkan memiliki tekstur yang kopong setelah digoreng, maka bakso harus diadon ketika dalam keadaan dingin. Setelah daging digiling, segera uleni daging bersama tepung, telur, dan bumbu sampai kalis. Jika perlu, kamu bisa membanting-banting adonan beberapa kali supaya teksturnya kenyal. Cara ini akan membuat bakso yang dihasilkan menjadi garing dan kenyal.
Menggoreng bakso dengan benar

Teknik menggoreng adalah salah kunci agar bakso goreng berhasil. Minyak yang digunakan untuk menggoreng bakso harus dalam keadaan panas sedang. Janganlah menggoreng bakso dalam minyak yang terlalu panas atau juga terlalu dingin. Selain itu, gunakan juga minyak yang banyak untuk menggoreng sampai permukaan bakso terendam minyak. Selama digoreng, bakso harus selalu diaduk dengan sutil atau punggung sendok kayu atau sutil supaya kematangan bakso bisa merata dan bagian dalamnya kopong. Apabila menginginkan bakso yang benar-benar kopong atau berongga, maka kamu bisa menggoreng bakso agak sedikit lama dengan api yang kecil. Perlu kamu ketahui bahwa bakso yang belum benar-benar matang, permukaannya akan keriput ketika sudah dingin. Sementara itu jika terlalu matang, maka tekstur bakso bisa menjadi keras.

Setelah mengetahui tips mengatasi kesulitan membuat bakso goreng, yuk simak bahan dan cara membuat bakso goreng berikut.

Bahan:
  • 300 gram daging ayam (digiling)
  • 2 butir telur
  • 150 gram tepung sagu
  • 50 gram tepung terigu
  • 5 siung bawang putih (haluskan)
  • 1 sdm bawang goreng (haluskan)
  • 1 sdm minyak wijen
  • 1 sdm kaldu ayam bubuk
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt soda kue
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdm gula pasir
  • Garam secukupnya

Cara membuat:
  1. Campurkan semua bahan menjadi satu. Kemudian aduk hingga rata.
  2. Bentuk adonan menjadi bulat-bulat.
  3. Panaskan minyak di wajan, kemudian goreng bakso sekitar 20-25 menit. Setelah matang, angkat lalu tiriskan. Bakso goreng siap disajikan. Bisa dicocol bersama sambal, cabai bubuk, atau juga diberi bumbu bubuk aneka rasa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Bakso Goreng"

Posting Komentar