Ingin Beli Mobil Second, Pertimbangkan 3 Hal Ini Dulu


Punya kendaraan pribadi yang terparkir di garasi rumah sepertinya adalah mimpi kebanyakan orang saat ini. Terutama, jenis kendaraan roda empat yang bisa digunakan untuk pergi bekerja atau ke tempat lainnya. Namun, tidak semua orang punya kemampuan membeli yang baru sehingga mobil bekas Calya menjadi pilihan terbaik.

Sebenarnya, membeli mobil bekas bukanlah opsi yang merugikan, malah banyak keuntungan bisa Anda dapatkan. Salah satunya harga yang lebih bersahabat sehingga lebih terjangkau di kantong kelas menengah.

Pertimbangan Sebelum Beli Mobil Second

Sebelum membeli mobil second atau bekas, tentu saja harus melakukan beberapa pertimbangan dahulu. Anda tidak bisa langsung beli asalkan murah. Beberapa hal berikut patut dipertimbangkan saat beli mobil bekas:

1. Angka yang Tertera pada Kilometer Dashboard

Angka pada kilometer dashboard mobil bekas yang hendak dibeli adalah hal pertama yang dilihat saat mengecek kondisi mobil. Anda harus tahu apakah meter tersebut masih asli atau telah dimodifikasi oleh pemilik mobil. Ketahui kapan tahun pembelian dan bulannya, kemudian perkirakan berapa kilometer mobil tersebut digunakan setiap harinya.

Anda perlu menanyakan kepada pemilik mobil biasanya mobil tersebut digunakan untuk ke mana saja dan hal-hal terkait lainnya. Kemudian coba buat perhitungan dan perbandingan apakah angka di meter dashboard sesuai dengan usia mobil juga penggunaannya.

2. Cek Buku Service

Setiap mobil bekas Calya selalu memiliki buku service yang berasal dari bengkel resmi. Anda harus memastikan pemilik memberikan buku service tersebut untuk dicek. Dari buku service dapat dilihat apakah mobil tersebut pernah mengalami perbaikan besar atau tidak dan perbaikan apa saja yang pernah serta sering dilakukan.

3. Periksa Dalam Mesin dan Lakukan Test Drive

Memeriksa isi di bawah kap mobil juga penting agar Anda bisa melihat bagaimana kondisi mesin mobil yang hendak dibeli. Cek bagaimana kebersihan mesin dan apakah terdapat kebocoran oli dari kelengketan, bau, dan jumlah oli untuk melihat kualitas oli mobil. Kemudian, lakukan test drive untuk mengetahui bagaimana kondisi mobil saat melaju. 

Dengan melakukan tiga langkah ini, Anda dapat memastikan bahwa mobil bekas Daihatsu Ayla atau tipe lainnya yang ingin dibeli benar-benar masih berkualitas. Setelah memastikan kondisi mobil, barulah melakukan negosiasi untuk mendapatkan mobil bekas Calya atau tipe lain yang Anda inginkan.

Sumber:

1. https://id.priceprice.com/mobil/bekas/panduan-membeli-mobil-bekas/Hal-Hal-yang-Perlu-Diperiksa-Saat-Membeli-Mobil-Bekas-9849/

2. https://www.cermati.com/artikel/7-tips-memilih-mobil-bekas-yang-berkualitas

3. https://garasi.id/artikel/8-alasan-kenapa-harus-membeli-mobil-bekas/5b6459ae6f34f701ed71ba4f

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ingin Beli Mobil Second, Pertimbangkan 3 Hal Ini Dulu"

Posting Komentar