5 Data Penting Ini Harus Tercantum Dalam Daftar Riwayat Hidup. Ini Contohnya Yang Baik Dan Benar


Ketika kamu hendak melamar pekerjaan, hal pertama yang biasanya akan diminta oleh pihak perekrut adalah Daftar Riwayat Hidup. Dokumen yang dikenal sebagai Curriculum Vitae (CV) ini merupakan pernyataan tertulis yang biasanya berisi informasi tentang data diri, pengalaman pendidikan, pengalaman kerja, dan juga keahlian pelamar.

Fungsi Daftar Riwayat Hidup atau CV ini adalah untuk membantu memperkenalkan diri secara tidak langsung atau tertulis. Dengan adanya CV ini, perekrut akan memiliki sedikit gambaran siapa diri kamu sebenarnya. Karena itu, informasi yang dicantumkan dalam CV haruslah benar.

Lalu, bagaimana cara membuat Daftar Riwayat Hidup yang baik supaya dilirik perekrut? Supaya CV kamu dilirik oleh perekrut, maka kamu harus mencantumkan data-data penting dibawah ini dalam Daftar Riwayat Hidup yang dibuat :

1. Identitas Diri

Identitas diri yang wajib ada dalam CV adalah sebagai berikut nama lengkap, alamat, jenis kelamin, nomor telepon, dan alamat email. Untuk alamat email, supaya lebih terkesan profesional, buatlah alamat email yang menggunakan nama asli, bukan nama yang aneh-aneh.

2. Riwayat Pendidikan

Cantumkan riwayat pendidikan mulai dari awal hingga pendidikan terakhir. Untuk melamar pekerjaan biasanya tidak perlu mencantumkan Sekolah Dasar. Biasanya perekrut membutuhkan informasi dua jenjang terakhir pendidikan formal saja. Jika kamu telah lulus kuliah sertakan juga jurusan yang diambil. Jika berkenan, cantumkan juga IPK yang diperoleh.

3. Pengalaman Kerja

Cantumkan semua pengalaman kerja kamu. Contohnya kamu pernah bekerja dimana, posisinya sebagai apa, dan jangka waktu bekerjanya. Jika kamu seorang fresh graduate, cantumkan pengalaman magang.

4. Keahlian Khusus

Karena persaingan kerja saat ini semakin ketat, maka nilai IPK tinggi belum bisa menjamin apakah seseorang memiliki kualifikasi untuk pekerjaan tertentu. Karena itu, kamu bisa cantumkan keahlian yang dimiliki, baik berupa soft kill maupun hard skill.

Sebagai contoh, kamu akan melamar posisi desain grafis di suatu perusahaan. Maka, kamu bisa cantumkan daftar software yang dikuasai misalnya Corel Draw, Adobe Illustrator, dan lain-lain.

5. Pengalaman Organisasi

Karena fresh graduate tidak memiliki pengalaman pekerjaan, biasanya mereka akan mencantumkan pengalaman organisasinya. Kamu bisa cantumkan nama organisasi, posisi dan nama jabatan, serta tanggung jawab dan juga prestasi yang dicapai.

Setelah mengetahui data-data penting yang perlu dicantumkan dalam Daftar Riwayat Hidup yang dibuat, kini saatnya kamu cari tahu Contoh Daftar Riwayat Hidup yang baik dan benar. Jika kamu sudah pernah bekerja dan memiliki pengalaman, ini contoh daftar riwayat hidup yang bisa ditiru :

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

 

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                                 : Kharisma Putri

Jenis Kelamin                   : Perempuan

Tempat, Tanggal Lahir     : Bandung, 25 Desember 1991

Alamat                              : Jl. AH Nasution No. 114, Bandung, Jawa Barat

Kewarganegaraan             : Indonesia

Agama                              : Islam

Telepon                            : 0876 5432 1234

Email                               : [email protected]

 

Menerangkan dengan sebenarnya,

 

PENDIDIKAN

 

2006 – 2009                                                        SMA Negeri 24 Bandung

2009 – 2013                                                        Universitas Padjajaran

 

PENGALAMAN ORGANISASI

2006 – 2007                                                        Ketua OSIS SMA Negeri 24 Bandung

2006 – 2007                                                        PMR SMA Negeri 24 Bandung

 

PENGALAMAN KERJA

 

2012 – 2015                                                         Magang di Rumah Sakit Umum Kota Bandung

2015 – 2018                                                        Asisten Dokter di Rumah Sakit Muhammadiyah

 

Demikian Daftar Riwayat Hidup ini saya buat dengan sebenar – benarnya. Untuk bahan pertimbangan, saya lampirkan fotocopy ijazah serta sertifikat keahlian yang saya punya.

 

Bandung, 23 Oktober 2019

  Hormat Saya,

 

 

  (Kharisma Putri)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Data Penting Ini Harus Tercantum Dalam Daftar Riwayat Hidup. Ini Contohnya Yang Baik Dan Benar"

Posting Komentar