Mengenal Sifat Jaiz Rasul yang Harus Diketahui Setiap Muslim

Sebagai seorang Muslim yang taat, tentu saja kita harus meyakini bahwasannya para rasul merupakan orang-orang pilihan Allah SWT untuk mengajarkan tentang syariat agama Islam, entah itu untuk dirinya sendiri dan kepada umatnya.

Meski termasuk kedalam orang-orang pilihan Allah SWT, namun pada hakikatnya para rasul ini memiliki sifat-sifat kemanusiaan seperti manusia pada umumnya. Nah, sifat umum tersebutlah yang disebut dengan sifat jaiz Rasul.

Dengan predikat sebagai orang pilihan atau utusan Allah SWT, pastinya setiap rasul mempunyai berbagai keistimewaan sifat-sifat yang harus kita teladani sebagai umatnya. Adapun mengenai sifat wajib para rasul yang harus kita tiru seperti berikut :

  • Sifat shiddiq (selalu berkata jujur)
  • Sifat amanah (dapat dipercaya)
  • Sifat tabligh (menyampaikan wahyu dan syariat Islam)
  • Sifat fathanah (pandai / bijaksana)

Kendati demikian, para rasul tetaplah pribadi yang mempunyai sifat jaiz layaknya manusia biasa. Meskipun memiliki sifat seperti manusia biasa, namun hal itu sama sekali tidak mengurangi derajat para rasul di mata Allah SWT maupun di mata umatnya.

Sifat-sifat Jaiz Rasul

Dikutip dari buku Rukun Iman karya Hudarrohman (2012 : 48), yang menyebutkan bahwa sifat jaiz rasul dalam agama Islam disebut dengan istilah Al-A’rolul Basyariyyah, yang artinya adalah sifat-sifat umum pada manusia biasa.

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan tadi, bahwa sifat manusia biasa pada rasul itu tidaklah mengurangi keistimewaan sosoknya sebagai utusan yang dipilih oleh Allah SWT. Adapun mengenai beberapa sifat jaiz rasul yang harus kita ketahui sebagai seorang Muslim seperti berikut :

1. Bisa merasakan rasa lapar dan haus, serta membutuhkan makan dan minum

2. Bisa merasakan kelelahan dan butuh untuk tidur serta beristirahat

3. Bisa merasakan sakit atau terserang penyakit, dan juga bisa meninggal dunia

4. Bisa menikah, membina, dan menafkahi keluarga.

Sifat Jaiz Rasul Dalam Ayat Al Quran

Terdapat beberapa potongan ayat di dalam Al Quran yang menegaskan tentang sifat-sifat jaiz para rasul. Ayat tersebut diantaranya adalah :

QS. Al-Mu’minun Ayat 33

“…(orang) ini tidak lain hanyalah manusia seperti kamu, dia makan seperti apa yang kamu makan dan dia minum seperti apa yang kamu minum”.

QS. Al Furqaan ayat 20

“kami tidaklah mengutus beberapa orang Rasul sebelum kamu melainkan mereka itu juga makan makanan dan berjualan di pasar”.

Perlu kita garis bawahi sekali lagi, meski memiliki sifat yang sama dengan manusia biasa, namun hal tersebut tidak mengurangi derajat para Rasul di mata Allah SWT dan umatnya.

Akan tetapi, sifat jaiz rasul tersebut sering dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk mengaku-ngaku sebagai rasul. Maka dari itu, Allah SWT menurunkan firman-Nya dalam surat Al-Ahzab ayat 40 mengenai sosok Nabi Muhammad SAW, yang merupakan Rasul terakhir dan penutup para nabi.

“Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki diantara kamu, tetapi dia adalah Rasulullah dan penutup nabi-nabi. Dan adalah Allah Maha Mengetahui segala sesuatu”.

2 Sifat yang Hanya Dimiliki Para Rasul

1. Ishmatirrasul

Rasul mempunyai sifat Ishmatirrasul, yang artinya adalah orang yang ma’shum, yaitu terlindungi dari dosa-dosa dan salah dalam kemampuan pemahaman agama, ketaatan, serta menyampaikan wahyu Allah SWT.

Tak hanya itu, para rasul juga selalu siap dalam menghadapi semua tantangan dan tugas yang diberikan oleh Allah SWT.

2. Iltizamurrasul

Iltizamurrasul merupakan utusan Allah SWT yang selalu berkomitmen dengan apapun yang mereka ajarkan. Para rasul selalu bekerja dan berdakwah yang sesuai dengan arahan serta perintah dari Allah SWT.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Sifat Jaiz Rasul yang Harus Diketahui Setiap Muslim"

Posting Komentar