Makanan yang Tepat Saat Mengalami Asam Lambung Naik

foto : canva.com pro

Masalah yang dapat terjadi pada lambung biasanya akan berhubungan dengan makanan atau minuman. Misalnya saja apabila mengalami kondisi asam lambung naik, hal tersebut pada umumnya disebabkan oleh mengkonsumsi makanan dan minuman tertentu.

Oleh karena itulah Anda yang mempunyai riwayat mempunyai masalah di lambung termasuk juga GERD yang memicu asam lambung menjadi naik perlu untuk memperhatikan hal ini dengan baik. Hindari makanan yang dapat memicu kondisi tersebut.

Selain itu, pilih juga makanan yang baik dikonsumsi ketika asam lambung sedang naik sehingga membantu untuk meringankan gejala yang terjadi. Saat sedang kambuh, pastikan juga menghindari alkohol, tidak merokok, dan mengkonsumsi makanan yang tepat seperti berikut ini:

1. Sayuran hijau

Sayuran merupakan makanan sehat yang mempunyai banyak manfaat untuk menjaga kesehatan. Termasuk juga untuk dikonsumsi ketika mengalami asam lambung naik. Pilih jenis sayuran yang mempunyai kandungan rendah kadar gula dan lemak. Sehingga hal tersebut juga akan membantu untuk mengurangi asam lambung.

Adapun beberapa jenis pilihan sayuran yang tepat untuk dikonsumsi saat kondisi asam lambung yang naik adalah brokoli, kacang hijau, kol, bayam, kangkung, dan juga timun. Selain itu juga hindari sayuran yang meningkatkan gas karena dapat membuat gejala menjadi lebih parah.

2. Pisang

Buah juga merupakan jenis makanan yang baik dikonsumsi ketika mengalami naiknya asam lambung. Dimana salah satu buah yang dapat dipilih adalah pisang yang mempunyai rasa manis dan mudah ditemukan. Pisang mempunyai keunggulan baik dikonsumsi saat kondisi ini karena mempunyai kandungan asam yang rendah.

Sehingga hal tersebut akan membantu untuk melapisi lapisan esofagus yang mengalami iritasi. Apabila mengkonsumsi pisang juga dapat membuat rasa tidak nyaman menjadi berkurang. Pisang juga terkenal dapat membantu masalah pencernaan. Di dalam pisang mempunyai kandungan pektin yang dapat membuat perpindahan isi perut menjadi lebih lancar. Sehingga fungsi tersebut juga dapat untuk membuat makanan yang tidak menambah jumlah asam.

3. Melon

Selain pisang, buah selanjutnya yang dapat dimanfaatkan untuk meredakan asam lambung yang naik adalah melon. Buah hijau dengan rasa segar ini juga mempunyai kandungan basa. Di dalam melon mempunyai kandungan magnesium yang merupakan obat untuk refluks asam.

Terakhir, di dalam melon juga mempunyai kandungan asam yang sangat sedikit yaitu hanya mempunyai pH 6,1 saja. Sehingga hal tersebut membuat buah ini sangat cocok dikonsumsi ketika mengalami asam lambung yang naik dan juga penyakit asam lambung lainnya.

4. Oatmeal

Jenis makanan selanjutnya yang cocok dikonsumsi adalah oatmeal. Selain sehat untuk jantung, oatmeal juga bagus untuk kondisi naiknya asam lambung karena mempunyai serat yang tinggi. Sehingga hal tersebut bisa mencegah refluks asam yang dapat menimbulkan berbagai gejala yang tidak nyaman.

Selain itu serat juga akan baik untuk melancarkan pencernaan sehingga dapat membuat manfaat yang baik untuk perut. Anda bisa mengkonsumsi oatmeal yang dicampur dengan almond atau susu low fat sehingga dapat menjaga asam lambung tidak naik.

5. Yoghurt

Makanan selanjutnya yang baik dikonsumsi adalah yoghurt yang mempunyai manfaat untuk menenangkan dan mencegah rasa tidak nyaman. Yoghurt mempunyai kandungan probiotik yang merupakan bakteri baik untuk melancarkan pencernaan.

Selain itu kandungan tersebut juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda bisa mengkonsumsi yoghurt dengan tambahan jahe yang bisa bermanfaat untuk meredakan heartburn ketika mengalami asam lambung yang naik ke kerongkongan.

Referensi:

Halodoc. Diakses pada 2021. Ini Bedanya Sakit Maag dengan Tukak Lambung.

Promag Tanda dan Gejala Sakit Maag Kronis. Diakses pada 2021.

Medical News Today. Everything You Need to Know About GERD. Diakses pada 2021.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makanan yang Tepat Saat Mengalami Asam Lambung Naik"

Posting Komentar