Tugas dan Fungsi Satpam dalam Pengamanan

satpam,jasa satpam,security satpam,satpam bank,gada utama,satuan pengamanan,tingkatan satpam

Penyediaan satpam yang sudah terlatih dan bersertifikasi bisa anda dapatkan melalui instansi security service Indonesia. Salah satunya adalah Secom yang menyediakan layanan penyediaan satpam maupun pelatihan satpam sesuai standar dari Polri. Satpam sendiri bisa direkrut dari masyarakat umum yang kemudian dilatih di bidang keamanan oleh Polri langsung. Lalu, apa tugas dan fungsi dari satpam? Berikut informasinya.

Tugas dan Fungsi Satpam

Satpam memiliki kepanjangan Satuan Pengaman yang dibentuk dari masyarakat umum dan dilatih di bidang keamanan oleh anggota Polri. Satpam terbentuk di tahun 1980 oleh Kapolri yang menjabat di masa tersebut, yakni Prof. Dr. Awaloedin Djamin. Sosoknya kemudian dikenal sebagai Bapak Satpam Indonesia.

Satpam dibentuk pada masa tersebut karena keterbatasan jumlah personil anggota kepolisian. Sehingga tidak memungkinkan bagi Polri untuk menjaga keamanan sejumlah tempat keramaian selama 24 jam penuh. Sehingga muncul gagasan membentuk satpam yang direkrut dari masyarakat umum seperti penjelasan sebelumnya.

Lalu, apa tugas dan fungsi dari satpam tersebut? Dilihat dari aspek tugas, maka akan mengacu pada Perkapolri Nomor 24 Tahun 2007. Yakni termuat di dalam bab III pasal 6 ayat 1. Dalam pasal tersebut tugas satpam yang utama adalah menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di lingkungan atau tempat kerja yang meliputi pengamanan fisik, personil, informasi, dan pengamanan teknis.

Jadi, satpam memiliki tugas untuk menjaga keamanan dari empat aspek tersebut. Dimulai dari pengamanan fisik, kemudian pengamanan personil, lalu informasi, dan terakhir adalah pengamanan teknis. Melalui Perkapolri yang sama dijelaskan pula mengenai detail tugas pengamanan fisik satpam mencakup apa saja.

Adapun yang dimaksud dengan pengamanan fisik disini adalah segala usaha dan kegiatan  untuk mencegah atau mengatasi timbulnya ancamangangguan keamanan dan ketertiban lingkungan tempat satpam tersebut bertugas. Secara umum satpam bertugas di instansi, lokasi proyek, maupun badan usaha.

Bentuk penjagaan atau pengamanan fisik ini adalah melakukan kegiatan pengaturan, penjagaan dan perondaan serta kegiatan lain yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing tempatnya bertugas. Jika bertugas di perkantoran, maka satpam wajib melakukan pengamanan fisik dan lainnya sesuai kebutuhan lingkungan tersebut.

Selain itu, terdapat beberapa jenis objek yang diamankan dalam pengamanan fisik tersebut. Yaitu:

  • Aset, aset disini mencakup seluruh aset atau harta berharga milik instansi yang diamankan. Misalnya aset kendaraan perusahaan, gedung, dan lain-lain.
  • Personil, merupakan pribadi atau sosok yang dilindungi oleh satpam secara fisik. Misalnya satpam di kantor perbankan maka yang dilindungi satpam mencakup petugas bank dan nasabah.
  • Informasi, merupakan segala sesuatu yang berbentuk data penting dan bermanfaat. Misalnya dokumen penting perusahaan atau aset dalam bentuk dokumen.

Sedangkan fungsi satpam menurut Perkapolri tersebut adalah untuk melindungi dan mengayomi lingkungan tempat kerjanya dari setiap gangguan keamanan, serta menegakkan peraturan dan tata tertib yang berlaku. Sehingga keberadaan satpam bisa memberi rasa aman kepada siapa saja di suatu lingkungan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tugas dan Fungsi Satpam dalam Pengamanan"

Posting Komentar